Rabu, 20 Juni 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :  XI / 4
Pertemuan ke              : 15, 16, 17
Alokasi Waktu            :  6 x 45 menit (3 X pertemuan)
Standar Kompetensi   :  Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara
                                       tingkat Madia.
Kompetensi Dasar       : 2.13 Meringkas teks tertulis dalam konteks Bekerja

Indikator :
1. Mencatat butir-butir informasi yang akan diringkas dalam bentuk skema atau bagan dalam bahasa yang lugas dan jelas
2. Menghitung jumlah kalimat yang menjadi isi ringkasan sesuai dengan rumus meringkas yang baku
3. Menyusun ringkasan teks secara jelas dalam bahasa yang baik dan benar
I Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mencatat butir-butir informasi yang akan diringkas.
2. Siswa dapat mencatat bentuk skema atau bagan dalam bahasa yang lugas dan jelas
3. Siswa dapat menghitung jumlah kalimat yang menjadi isi ringkasan sesuai dengan rumus meringkas yang baku
4. Siswa dapat menyusun ringkasan teks secara jelas dalam bahasa yang baik dan benar
II. Materi ajar :
• Contoh ringkasan yang berupa bagan dan teks
• Teknik membuat bagan dan rangkuman
• Bentuk bagan yang digunakan untuk ringkasan
• Panduan/proses membuat ringkasan dari catatan butir-butir ke dalam bagan atau skema sampai kepada pengembangan ringkasan yang utuh
III. Metode Pembelajaran :
Metode ceramah
Metode demontrasi
Metode diskusi
Metode penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A.Kegiatan Awal :
1. Siswa mengulang pelajaran lalu dengan tanya jawab
2. Siswa menyimak tujuan mempelajarai KD 2.13
B. Kegiatan Inti :
1. Siswa membaca dengan cermat contoh ringkasan dalam bentuk bagan/skema dan teks
2. Siswa membedakan ringkasan berbentuk bahan dan teks dari bentuk dan fungsinya
3. Siswa mendefinisikan ringkasan berdasarkan contoh bagan/skema dan teks
Pertemuan .
4. Siswa membaca teks yang berkaitan dengan dunia kerja
5. Siswa menulis butir-butir ide pokok ke dalam bentuk bagan/skema
6. Siswa membuat ringkasan secara utuh sesuai dengan persyaratan yang menjadi ketentuan
7. Siswa menulis butir-butir ide pokok ke dalam bentuk bagan/skema
B. Kegiatan Akhir :
Membuat ringkasan secara utuh sesuai dengan persyaratan yang menjadi ketentuan
V. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Alat : …….?
Bahan : Contoh ringkasan berupa bagan dan teks
Sumber Bahan:
- Soedarso.(2002). Membaca Cepat
- Parera,J.D. (1984). Menulis Tertib dan Sistematik
- Akhadiah,S. (1988). Modul Menulis II.Jakarta: Universitas Terbuka.
- Modul Bahasa Indonesia Tk Madia
VI. Penilaian :
Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
Bentuk tes:
* objektif
* uraian
Butir soal
• Bacalah artikel di bawah ini dengan seksama
• Ringkaslah artikel tersebut sehingga menjadi seperlima dari artikel semula
(judul artikel alkoholisme dan kesehatan yang bersumber dari buku Panduan Kreatif Bahasa Indonesia untuk tingkat 2 SMK penerbit Yudistira)
Alternatif jawaban
Alkoholisme merupakan salah satu masalah masyarakat karena menimbulkan banyak persioalan misalnya kejahatan berbagai kegagalan dan penyakit jiwa. peminum terdiri dari peminum tetap atau pun peminum yang hany ameminum apabila adanya tekanan, namun keduanya akan mengalami kerusakan kesehatan. minuman kerasa sangat berpengaruh pada tubuh manusia karena dapat merusak hati, menyebabkan garkritis, idema otak dan melemahkan jantung. minuman keras juga dapat menyebabkan kerusakan fungsi otak, paranoid dan peradangan syaraf.
Pecandu minuman keras dapat sehat kembali asal dapat meninggalkan minuman keras.
jumlah karangan asli = 309 kata
jumlah kata ringkasan = 390 : 5 = kurang lebih 62 kata


Mengetahui                                                                                         Guru Mata Pelajaran
Kepala SMK Nur Madinah


…………………………                                                                    ……………………….
NIP/NIK                                                                                             NPJ/NIK




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : XI / 4
Pertemuan ke              : 18, 19
Alokasi Waktu            : 12 x 45 menit
Standar Kompetensi   : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara
                                      tingkat Madia.
Kompetensi Dasar       : 2.14 Menyimpulkan isi teks tertulis dalam konteks bekerja

I. Indikator :
1. Menemukan informasi penting dari sebuah teks
2. Mencatat informasi penting
3. Mengembangkan informasi penting menjadi bentuk paragraf
4. Menganalisis informasi penting menjadi simpulan deduktif atau induktif yang tidak ambigu
II. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menemukan informasi penting dari sebuah teks
2. Siswa dapat mencatat informasi penting
3. Siswa dapat mengembangkan informasi penting menjadi bentuk paragraf
4. Siswa dapat menganalisis informasi penting menjadi simpulan dekduktif atau induktif yang tidak ambigu
III. Materi ajar :
Sebuah teks bacaan dengan informasi tertentu dari berbagai sumber (sesuai dengan kondisi sekolah)
Aspek nalar dalam menyusun simpulan: deduktif-induktif
IV. Metode Pembelajaran :
• Metode Reseptif dan Produktif
• Metode Komunikatif
• Metode demontrasi
• Metode penugasan
V. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal :
Siswa mengulang pelajaran lalu tentang Kompetensi Dasar 1 (membuat simpulan) dengan tanya jawab.
B. Kegiatan Inti :
1. Siswa menganalisis contoh kalimat ambigu
2. Siswa mengamati data yang disajikan, yakni berupa data nilai UAN pelajaran bahasa Indonesia yang diperoleh siswa SMK yang bersangkutan
3. Siswa menemukan informasi penting dari data yang diamati
4. Siswa merumuskan secara tertulis simpulan terhadap data tersebut dengan cara induktif
5. Siswa merumuskan secara tertulis simpulan terhadap data tersebut dengan cara deduktif
6. Siswa mengevaluasi perbedaan kedua jenis simpulan yang telah disusun
C. Kegiatan Akhir : Guru mengadakan penilaian
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
- Akhadiah,S. (1994). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahas Indonesia
- Alwasilah,A.Ch. & Suzan, S. (2005). Pokoknya Menulis
- Finoza,L. (2004-2005). Komposisi Bahasa Indonesia.
- Modul B. Indonesia Tkt. Madia
VII. Penilaian :
Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
Bentuk tes:
* objektif
* uraian
Pelajari data data berikut ini buatlah proses penarikan atau pengambilan kesimpulan dengan cara induktif
Penduduk desa nelayan X mempunyai kebiasaan membuat segala jenis makanan memakai bahan dasar mengandung ikan, udang, kerang atau hasil tangkapan ikan laut lainnya. Untuk makan sehari hari mereka mengonsumsi ikan sebagai lauk-pauk. Di dekat desa tersebut terdapat sebuah SMK, ternyata para siswa yang berasal dari desa nelayan X tersebut memilki kemampuan melebihi siswa dari desa laiinya.
Sedangkan desa Y yang berada di kaki Gunung Keusik mempunyai penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani dan memelihara tambak ikan air tawar, mengingat mata air yang ada di desa tersebut melimpah ruah. Penduduk desa Y memelihara tambak ikan. Hasilnya selain sebagian besar dijual ke kota untuk memenuhi permintaan dari pasar ataupun restoran, juga untuk dikonsumsi sendiri, sehingga ikan menjadi lauk-pauk mereka sehari-hari. Anak-anak di desa Y bersekolah di kota karen di desa tersebut tidak ada SMK. Ternyata para siswa yang berasal dari desa Y mempunyai kemampuan yang lebih tinggi dibandingkan siswa lainnya yang berasal dari kota.
Alternatif kunci jawaban
Paragraf kesimpulan induktif
Penduduk desa nelayan X memiliki kebiasaan membuat segala jenis makanan berbahan baku laut. Begitu juga penduduk desa nelayan Y yang memiliki mata pencaharian sebagai penambak ikan tawar. Penduduk desa X dan desa Y pun sama-sama mengonsumsi ikan untuk makan sehari-hari. Siswa sekolah yang berasal dari kedua desa itu juga memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan siswa lain yang berasal dari kota. Dengan demikian dapat disimpulkan mengonsumsi ikan secara rutin dapat meningkatkan daya pikir seseorang.
Kriteria penilaian:
• menangkap informasi tidak tepat dan menyimpulkan tidak tepat skor 4
• menangkap informasi dengan tepat dan tidak dapat menyimpulkan dengan tepat skor 6
• menangkap informasi dengan tepat dan menyimpulkan dengan tepat skor 8


Mengetahui                                                                                         Guru Mata Pelajaran
Kepala SMK Nur Madinah


…………………………                                                                    ……………………….
NIP/NIK                                                                                             NPJ/NIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar