Selasa, 01 Mei 2012


Hari Pendidikan Nasional


      Hari Rabu 2 Mei 2012 merupakan Hari Pendidikan Nasional untuk mengingatkan kita tentang hakikat pendidikan yang telah ditekankan oleh Bapak Pendidikan Nasional kita yaitu Ki Hajar Dewantoro yang hari ini kita peringati hari kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.


     Pendidikan, kata Ki Hajar Dewantoro adalah daya upaya untuk memajukan budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intellect) dan jasmani anak didik. semoga pendidikan kita semakin berkualitas dan semakin terbuka aksesnya bagi rakyat Indonesia secara keseluruhan.
       Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei setiap tahunnya diperingati oleh pemerintah khususnya Departemen Pendidikan Nasional. Peringatan Hardiknas ini juga dilaksanakan di seluruh daerah, baik propinsi maupun kabupaten/kota.  Banyak kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati hari bersejarah tersebut.
     “  Maka, sebaiknya hari pendidikan nasional dimaknai dengan dua hal yang paling penting, yaitu sebagai evaluasi dan tolak ukur pendidikan kita. Evaluasi dilakukan supaya segala kesalahan dan kerancuan dalam dunia pendidikan bisa ditanggulangi dan menuju kearah yang lebih baik dari sebelumnya. Tolak ukur dilakukan untuk mengetahui sejauh mana hasil dunia pendidikan negeri ini dalam mencerdaskan dan memajukan peradaban negara Indonesia. Dan yang paling penting di dunia pendidikan adalah jiwa guru yang ikhlas dalam mengajar anak didiknya, tanpa memaknai kegiatan belajar-mengajar hanya sebagai sebuah formalitas belaka. Dengan hati yang ikhlas dan sungguh-sungguh ingin mencerdaskan anak bangsa, seorang guru akan menjadi mulia di mata manusia dan Allah SWT."


Sebagian di kutip dari:
http://faja12.blogspot.com/2011/05/makna-hari-pendidikan-nasional.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar