Rabu, 09 Mei 2012


Tugas Pembelajaran Menulis

SOAL
1. Identifikasilah:
    a) ciri-ciri guru yang baik;
    b) ciri-ciri guru yang hebat.

2. Jika diwajibkan memilih, apakah Anda akan berupaya untuk menjadi 
    "guru yang baik" ataukah ingin menjadi "guru yang hebat"? Mengapa 
    demikian? Tulislah minimal tiga alasan yang mendasari pilihan Anda itu.

3. Bagaimanakah profil ideal guru Bahasa Indonesia di era globalisasi ini?
    Jelaskanlah menurut sudut pandang Anda masing-masing.

4. Adakah manfaat yang Anda peroleh setelah membaca wacana itu?
    Jika ada, tulislah semua manfaat yang dapat Anda petik darinya.

Jawab
1.    Menurut Nuh, “Guru yang baik akan menjelaskan sesuatu kepada muridnya sehingga paham”.
Saya menyimpulkan bahwa cirri-ciri guru yang baik yaitu:
-          Guru yang baik akan mengajarkan murid-muridnya supaya bisa berperestasi.
-          Guru yang baik harus bisa megajarkan atau menberikan materi dengan baik untuk diajarkan pada anak didik.
-          Guru yang baik harus bisa mentaati peraturan yang sudah ditetapkan sekolah maupun peraturan UU Guru dan Dosen.
-          Guru yang baik tentunya harus menggunakan bahasa yang baik dan benar.
Sedangkan guru yang hebat menurut Nuh “adalah guru yang mampu menginspirasi dan memotivasi muridnya, sehingga mampu berbuat sesuatu yang baik dengan kemampuannya sendiri “.
Cirri-ciri guru yang hebat:
-          Guru yang dapat menginspirasi dan memotivasi supaya anak didiknya bisa berprestasi, dan memotivasi supaya yang tadinya tidak bisa untuk belajar menjadi bisa.
-          Ucapannya mudah dipahami para siswa. Siswa bisa nenyerap maknanya langsung dari ucapan guru.
-          Ilmunya lusa, bobot keilmuamnya dalam.
-          Guru hebat bersahabat dengan siswanya sehingga terbangun kedekatan yang akan mempermudah berkomunikasi.
-          Guru hebat memahami keadaan kelas dan memahami tingkah laku muridnya.
-          Guru yang hebat mempunyai akhlak mulia, ikhlas dalam menjalankan tugas sebagai guru.
2.    Setelah dipikirkan saya lebih memilih guru yang hebat karena
-          Guru yang hebat akan bisa membangun anak bangsa menjadi lebih hebat, memberi inspirasi  untuk para muridnya.
-          Guru yang hebat mempunyai keiklasan dan ketulusan hati dalam mengajarkan anak didiknya.
-          Guru yang hebat diharapkan mampu membangun rasa percaya diri pada anak-anak didik agar mereka belajar tanpa rasa takut jika salah dan dikatakan tidak mampu.
3.    Frofil ideal guru Bahasa Indonesia di era globalisasi ini
-          Seorang guru Basasa Indonesia harus mempunyai keahlian dalam mengajar, dalam memberikan materi yang akan diajarkan kepada anak didiknya. Menjadi seorang guru Bahasa Indonesia harus menyenangkan dalam hal mengajar, tidak membosankan, mempunyai wawasan yang luas supaya disegani dan disenangi anak didiknya.
-          Seorang guru Bahasa Indonesia harus mempunyai wawasan yang luas, bisa menerapkan hal positif terhadap anak didik, bisa mengikuti perkembangan zaman yang sudah modern seperti sekarang ini, menguasai teknologi akrab dengan dunia internet.
4.    Manfaat setelah membaca wacana itu “ pengetahuan saya bertambah mengenai UU Guru dan Dosen. Manfaat lainnya, saya sebagai calon guru harus mempersiapkan dari mulai sekarang untuk kedepannya, sebagai calon guru yang hebat dan profersional, dan bisa menjadikan anak didik yang hebat dan bertanggungjawab. Saya terinsfirasi untuk menjadi guru hebat yang mampu menginsfirasi dan memotivasi anak didik supaya menjadi anak-anak Indonesia yang hebat”.

Selasa, 01 Mei 2012


Hari Pendidikan Nasional


      Hari Rabu 2 Mei 2012 merupakan Hari Pendidikan Nasional untuk mengingatkan kita tentang hakikat pendidikan yang telah ditekankan oleh Bapak Pendidikan Nasional kita yaitu Ki Hajar Dewantoro yang hari ini kita peringati hari kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.


     Pendidikan, kata Ki Hajar Dewantoro adalah daya upaya untuk memajukan budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intellect) dan jasmani anak didik. semoga pendidikan kita semakin berkualitas dan semakin terbuka aksesnya bagi rakyat Indonesia secara keseluruhan.
       Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei setiap tahunnya diperingati oleh pemerintah khususnya Departemen Pendidikan Nasional. Peringatan Hardiknas ini juga dilaksanakan di seluruh daerah, baik propinsi maupun kabupaten/kota.  Banyak kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati hari bersejarah tersebut.
     “  Maka, sebaiknya hari pendidikan nasional dimaknai dengan dua hal yang paling penting, yaitu sebagai evaluasi dan tolak ukur pendidikan kita. Evaluasi dilakukan supaya segala kesalahan dan kerancuan dalam dunia pendidikan bisa ditanggulangi dan menuju kearah yang lebih baik dari sebelumnya. Tolak ukur dilakukan untuk mengetahui sejauh mana hasil dunia pendidikan negeri ini dalam mencerdaskan dan memajukan peradaban negara Indonesia. Dan yang paling penting di dunia pendidikan adalah jiwa guru yang ikhlas dalam mengajar anak didiknya, tanpa memaknai kegiatan belajar-mengajar hanya sebagai sebuah formalitas belaka. Dengan hati yang ikhlas dan sungguh-sungguh ingin mencerdaskan anak bangsa, seorang guru akan menjadi mulia di mata manusia dan Allah SWT."


Sebagian di kutip dari:
http://faja12.blogspot.com/2011/05/makna-hari-pendidikan-nasional.html