Tugas
Pembelajaran Menulis
SOAL
1. Identifikasilah:
a) ciri-ciri guru yang baik;
b) ciri-ciri guru yang hebat.
2. Jika diwajibkan memilih, apakah Anda akan berupaya untuk menjadi
1. Identifikasilah:
a) ciri-ciri guru yang baik;
b) ciri-ciri guru yang hebat.
2. Jika diwajibkan memilih, apakah Anda akan berupaya untuk menjadi
"guru yang baik" ataukah ingin menjadi "guru yang hebat"?
Mengapa
demikian? Tulislah minimal tiga alasan yang mendasari pilihan Anda itu.
3. Bagaimanakah profil ideal guru Bahasa Indonesia di era globalisasi ini?
Jelaskanlah menurut sudut pandang Anda masing-masing.
4. Adakah manfaat yang Anda peroleh setelah membaca wacana itu?
4. Adakah manfaat yang Anda peroleh setelah membaca wacana itu?
Jika ada, tulislah semua manfaat yang dapat Anda petik darinya.
Jawab
1.
Menurut
Nuh, “Guru yang baik akan menjelaskan sesuatu kepada muridnya sehingga paham”.
Saya
menyimpulkan bahwa cirri-ciri guru yang baik yaitu:
-
Guru
yang baik akan mengajarkan murid-muridnya supaya bisa berperestasi.
-
Guru
yang baik harus bisa megajarkan atau menberikan materi dengan baik untuk
diajarkan pada anak didik.
-
Guru
yang baik harus bisa mentaati peraturan yang sudah ditetapkan sekolah maupun
peraturan UU Guru dan Dosen.
-
Guru
yang baik tentunya harus menggunakan bahasa yang baik dan benar.
Sedangkan guru yang
hebat menurut Nuh “adalah
guru yang mampu menginspirasi dan memotivasi muridnya, sehingga mampu berbuat
sesuatu yang baik dengan kemampuannya sendiri “.
Cirri-ciri guru yang hebat:
-
Guru
yang dapat menginspirasi dan memotivasi supaya anak didiknya bisa berprestasi,
dan memotivasi supaya yang tadinya tidak bisa untuk belajar menjadi bisa.
-
Ucapannya
mudah dipahami para siswa. Siswa bisa nenyerap maknanya langsung dari ucapan
guru.
-
Ilmunya
lusa, bobot keilmuamnya dalam.
-
Guru
hebat bersahabat dengan siswanya sehingga terbangun kedekatan yang akan
mempermudah berkomunikasi.
-
Guru
hebat memahami keadaan kelas dan memahami tingkah laku muridnya.
-
Guru
yang hebat mempunyai akhlak mulia, ikhlas dalam menjalankan tugas sebagai guru.
2.
Setelah
dipikirkan saya lebih memilih guru yang hebat karena
-
Guru
yang hebat akan bisa membangun anak bangsa menjadi lebih hebat, memberi inspirasi untuk para muridnya.
-
Guru
yang hebat mempunyai keiklasan dan ketulusan hati dalam mengajarkan anak
didiknya.
-
Guru
yang hebat diharapkan mampu membangun rasa percaya diri pada anak-anak didik
agar mereka belajar tanpa rasa takut jika salah dan dikatakan tidak mampu.
3.
Frofil
ideal guru Bahasa Indonesia di era globalisasi ini
-
Seorang
guru Basasa Indonesia harus mempunyai keahlian dalam mengajar, dalam memberikan
materi yang akan diajarkan kepada anak didiknya. Menjadi seorang guru Bahasa
Indonesia harus menyenangkan dalam hal mengajar, tidak membosankan, mempunyai
wawasan yang luas supaya disegani dan disenangi anak didiknya.
-
Seorang
guru Bahasa Indonesia harus mempunyai wawasan yang luas, bisa menerapkan hal
positif terhadap anak didik, bisa mengikuti perkembangan zaman yang sudah
modern seperti sekarang ini, menguasai teknologi akrab dengan dunia internet.
4.
Manfaat
setelah membaca wacana itu “ pengetahuan saya bertambah mengenai UU Guru dan
Dosen. Manfaat lainnya, saya sebagai calon guru harus mempersiapkan dari mulai
sekarang untuk kedepannya, sebagai calon guru yang hebat dan profersional, dan
bisa menjadikan anak didik yang hebat dan bertanggungjawab. Saya terinsfirasi
untuk menjadi guru hebat yang mampu menginsfirasi dan memotivasi anak didik
supaya menjadi anak-anak Indonesia yang hebat”.